Rabu, 16 Januari 2013

Goa Pindul & Sungai Oyo

The Tickets
Sudah lama saya gak nonton konser musik, nah mumpung dompet lagi tebel nih coba browsing deh. Kebetulan band favorit ane Michael Learns To Rock mau kunjung ke Indonesia. Usut punya usut doi gak manggung di jakarta, hadeeehhh... apa boleh buat namanya idola kemanapun dijabanin. Dari 3 kota tempat MLTR konser, cuma jogja yang acaranya pas hari libur. Langsung deh pesen tiket kereta pp + jangan lupa yg paling penting beli tiket konsernya.

MLTR Concert
Sabtu 1 Des 13 pukul 07.00 saya berangkat dari stasiun pasar senen dan tiba di stasiun tugu pukul 15.00. Langsung deh cari sewaan motor di jalan pasar kembang. Motor sewaan udah dapet, lanjut cari penginapan (yang murah2 aja). Istirahat sebentar sambil jajan sore, saya lanjut ke Grand Pacific Hall. Konser dimulai tepat pukul 20.00 dan berakhir pukul 22.00. Setelah puas menikmati penampilan MLTR saya mampir ke angkringan di sepanjang Malioboro. Harga makanan di sini lumayan mahal dan nasinya pun kurang enak alias "pera". Setelah perut kenyang saya kembali ke penginapan untuk istirahat.

Bangun pagi pukul 06.00 tidur masih terasa kurang, tapi karena teringat agenda saya berikutnya ke Goa Pindul, mau gak mau badan pun ikut merespon. Dimulai dengan mencari jajanan pagi di malioboro yang kebetulan sedang berlangsung Car Free Day, kami temukan seorang nenek yang berjualan gudeg. Langsung aja pesen mbah, nasi gudeg kumplit. Nah mbah ini gokil juga rupanya, selain umurnya yang sudah 95 tahun, yang unik dari dirinya adalah dia kalau ngambil makanan gak pake sendok tapi pake tangan alias dikokop, mungkin ini kali ya yang bikin enak....hehe
Gak lama setelah sarapan, saya meluncur ke arah wonosari / gunung kidul. Butuh waktu 1,5 jam untuk mencapai objek wisata Goa Pindul. Sebelum sampai lokasi kami bertemu dengan seorang bocah yang menawarkan jasa antar GRATIS. Karena mendengar karena gratis maka kami iyakan saja tawaran si bocah sebut saja namanya Joko.
Setelah sampai di objek, rupanya benar si Joko tidak meminta bayaran karena sudah dapat komisi dari pengelola Goa Pindul. Di sini terdapat tiga obyek yang bisa dinikmati, yaitu :
Cave Tubing Goa Pindul Rp 35.000/org
Body Rafting Sungai Oyo Rp 40.000/org
Extreme Caving Goa Sie Oyot Rp 25.000/org

Petualangan dimulai dengan menjajal Goa Pindul yang terkenal dua tahun belakangan ini. Perlengkapan seperti life jacket dan sepatu trekking wajib dikenakan + sebuah ban dalam. Untuk menuju mulut goa, saya harus berjalan sekitar 7 menit sambil menenteng ban dalam. Selanjutnya peserta akan bergandengan menyusuri goa selama 15 menit.
Selesai bertualang di goa pindul, saya masih merasa kurang terhibur. Maka saya coba body rafting di sungai oyo. Masih bermodalkan peralatan yang sama, cuma bedanya kali ini saya tidak berjalan menuju wahana, tetapi naik mobil bak terbuka seperti sedang ikut off-road. Air sungai ini berwarna cokelat kental seperti susu. Hal tersebut tak berpengaruh, karena saya sangat antusias dengan wahana yang satu ini. Yuuukk kita meluncuuuurrrr.....
Ditengah derasnya arus sungai, saya melewati curug / air terjun kecil dimana kita bisa meloncat dari atasnya. Beuuuhhh.... segar rasanya. Namun sayang berhubung belum masuk musim penghujan, rute rafting dipangkas setengahnya karena banyaknya cadas / batu yang tidak mungkin dilewati.
Walaupun singkat namun petualangan di gua pindul dan sungai oyo sangat menyegarkan. Tempat ini wajib dikunjungi bagi yang sedang liburan di Jogja. Jangan lupa juga belanja oleh-oleh khas jogja seperti Gudeg dan Bakpia.